Input PLC


Malam Semua sebelum nya saya sedikit membahas tentang Sejarah PLC, kali ini saya akan mengulas tentang Input PLC nih ulasannya :   Kemampuan suatu sistem otomatis bergantung pada kemampuan PLC dalam membaca sinyal dari berbagai peranti input. Untuk mendeteksi suatu proses atau kejadian dibutuhkan sensor yang tepat untuk masing-masing kondisi. Dengan kata lain, sinyal input dapat berupa logika 0 atau 1 (On/Off). PLC yang berukuran kecil biasanya hanya mempunyai jalur input digital sedangkan yang berukuran agak besar mampu menerima input analog. Sinyal analog yang sering dijumpai adalah sinyal arus   4-20 mA. Selain itu, peralatan lain yang dapat digunakan sebagai input, seperti robot atau video. Sebagai contoh, robot dapat memberikan sinyal pada PLC jika robot telah selesai melaksanakan tugasnya.

Pada jalur input PLC sebenarnya memiliki antarmuka yang berhubungan pada CPU. Antarmuka ini digunakan untuk menjaga agar sinyal-sinyal yang tidak diinginkan tidak masuk kedalam PLC. Selain itu antarmuka ini juga berfungsi untuk mengkonversi sinyal-sinyal input yang mempunyai tegangan kerja yang tidak sama dengan CPU agar menjadi sama dengan CPU. Rancangan antarmuka pada PLC dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Rangkaian pada gambar diatas dapat dinamakan dengan rangkaian opto-isolator yang artinya tidak ada hubungan kabel dengan dunia luar. Cara kerja dari rangkaian ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Ketika bagian input menerima sinyal maka akan mengakibatkan LED menjadi on sehingga Photo-transistor menerima cahaya dan akan menghantarkan arus On sehingga tegangannya drop dibawah 1 volt. Hal ini akan menyebabkan CPU membaca logika 0. begitu juga sebaliknya. Itulah ulasan singkat tentang Input PLC Semoga bermanfaat.



Dikutip Dari Berbagai Sumber

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar