Pengertian E - Commerce


Saat ini belum diketemukan definisi pasti dari e-commerce yang sudah distandarkan dan di sepakati bersama, namun secara umum dapat di artikan mengenai e-commerce, diantaranya
  1. E-comemerce  merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik ( David Baum, 1999)
  2. perdagangan elektronik adalah suatu proses perdagangan (penjualan dan pembelian) maupun jasa pelayanan yang dilakukan oleh 2 pihak melalui media elektronik seperti melalui fax, telepon, email, dan internet.
  3. E-commerce juga dapat berarti pemasangan iklan, penjualan, dukungan dan pelayanan terbaik menggunakan web selama 24 jam dalam sehari bagi seluruh pelanggannya.
  4. E-commerce merupakan salah satu keunggulan dari internet, kehadiran internet yang masih merupakan industri baru yang masih dalam fase pertumbuhan yang memperkokoh keyakinan akan pentingnya peranan teknologi dalam pencapaian tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan memanfaatkan e-commerce.
  5. kemampuan internet untuk menjangkau pelanggan baru dan penghematan biaya yang cukup signifikan untuk distribusi dan pelayanan pelanggan merupakan keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan dengan memindahkan roda nilai commerce ke media internet.
Keuntungan yang bisa diambil dengan adanya E-commerce  :
  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui dalam transaksi tradisional.
  2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  3. menurunkan biaya operasional.
  4. melebarkan jangkauan pemasaran produk.
  5. meningkatkan supplier manager.
  6. meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar