Macam-macam Aplikasi SMS

Ada banyak macam aplikasi SMS yang sedang berkembang sekarang. Aplikasi di mana pesan SMS dapat digunakan hampir tak terbatas. Beberapa contoh umum aplikasi SMS diantaranya sebagai berikut:
1        Person to person text messaging
Person to person text messaging sangat banyak digunakan oleh aplikasi SMS dan memang pada awalnya teknologi SMS di rancang untuknya. Dalam beberapa macam aplikasi pesan teks, seorang pengguna mobile phone mengetik sebuah pesan menggunakan keypad, selanjutnya ia memasukkan no tujuan/penerima dan menekan option  selanjutnya  menekan “OK” atau “Send”, untuk mengirim. Ketika pesan diterima oleh penerima, akan diberitahu menggunakan suara atau getaran. Pengguna dapat membaca pesan teks suatu waktu dan membalasnya jika perlu.
Sebuah aplikasi chatting merupakan contoh  lain dari aplikasi Person to person text messaging yang mengijinkan sekelompok/grup orang untuk bertukar SMS secara interaktif. Dalam sebuah aplikasi chatting, semua teks SMS dikirim dan diterima, kemudian ditampilkan di layar dan diurutkan berdasarkan waktu.
2        Provision of Information
Sebuah aplikasi popular dari teknologi SMS selain Person to Person Messaging adalah Provision of Information (Ketetapan Informasi) yakni menyampaikan ketetapan informasi ke mobile phone pelanggannya. Banyak penyedia jasa SMS (Content Provider) menggunakannya untuk mengirim informasi seperti berita, ramalan cuaca, data keuangan kepada pelanggan. Kebanyakan informasi ini tidak cuma-cuma. Tagihan SMS dibebankan kepada pengguna informasi adalah cara yang digunakan oleh penyedia jasa.
3        Downloading
Pesan SMS dapat membawa data biner dan juga SMS dapat digunakan sebagai media untuk mendownload secara wireless. Seperti ringtone, wallpaper, gambar dan logo operator dapat di encode (disandikan) kedalam satu atau lebih pesan, tergantung ukuran objeknya. Seperti layanan informasi, layanan download ini juga biasanya tidak gratis dan tagihan SMS akan dibebankan kepada pelanggan yang menggunakan layanan ini. Objek download di encode kedalam satu atau lebih pesan SMS.
4        Alert and Notifications (Peringatan dan Pemberitahuan)
SMS merupakan teknologi yang sangat cocok untuk menyampaikan peringatan dan memberitahuan kejadian yang penting/sangat penting. Ada dua pertimbangan, yaitu :

1.      Mobile phone biasanya dibawa oleh pemiliknya kapan saja. Kapan saja sebuah SMS diterima, mobile phone akan memberitahukan dengan menggunakan suara atau getaran. Dan pemiliknya dapat membaca apa isi dari pesan tersebut.

2.      Teknologi SMS mengijinkan “push (desakan)” informasi. Berbeda dengan model “pull (tarikan)” dimana sebuah alat akan menanya server terlebih dahulu untuk memeriksa apakah ada informasi baru atau tidak. Model “tarikan” kurang cocok untuk aplikasi peringatan dan pemberitahuan. Karena membuang bandwidth dan meningkatkan aktifitas server.

5        E-Commerce dan Transaksi Kartu Kredit

Kapan saja suatu e-commerce dan transaksi kartu kredit dibuat, server akan mengirim pesan teks kepada pelanggan. Dengan itu pelanggan dapat mengetahui apakah transaksi telah buat.

6        Peringatan Bursa Saham

Dalam suatu aplikasi peringatan bursa saham, program secara konstan memonitor dan meneliti bursa saham. Jika suatu kondisi tertentu telah terpenuhi, maka program akan mengirimkan pesan menyangkut situasi tersebut. Sebagai contoh, kita dapat mengatur sistem peringatan jika harga saham suatu perusahaan lebih rendah dari niai tertentu, program mengirimkan pesan peringatan kepada pengguna layanan ini.

7        Remote System Monitoring


Dalam suatu aplikasi remote system monitoring, sebuah program (kadang-kadang menggunakan suatu sensor) apakah secara konstan memonitoring status dari suatu sistem. Jika dalam keadaan tertentu, program akan mengirim pesan kepada admin untuk memberitahukan situasi yang terjadi. Sebagai contoh program melakukan “ping” terhadap server, jika respon tidak diterima maka program akan mengirim pesan kepada admin.

Baca Juga Ya...!!!:

Tidak ada komentar: