PROTOKOL


Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar komputer maupun antara jaringan komputer, seperti IPX/SPX yang biasa digunakan oleh NOVELL Netware, NETBIOS/NETBEUI biasa digunakn oleh jaringan Microsoft LAN Manager ataupun Microsoft Windows Networking,AppleTalkyang biasa digunakan oleh jaringan komputer Apple Macintosh dan sebagainya. Ada satu peotokol yang dekembangkan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), dalam pengembangan dari ARPANET dan juga digunakan oleh jarinagan komputer berbasis system operasi UNIX yaitu protocol TCP/IP(Transmision Control Protocol/Internet Protocol ). Protokol TCP/IP ini menjadi standar protokol yang digunakan pada jaringan internet, kerena TCP/IP dikembangkan untuk dapat diterapkan di hampir segala jenis platform kkomputer,biasa dikenal dengan konsep open system.
a.      IP (internet protocol)
Gambaran yang umum tentang TCP/IP adalah gabungan dari dua protokol komunikasi yang diapakai untuk komunikasi data, TCP kepanjangan dari transmissioncontrol-protocol dan IP kepanjangan dari Internet Protocol. Kedua protokol tersebut dipakai untuk menyatakan sekelompok protokol yang memiliki kaitan dengan protokol TCP dan IP seperti User Datagram Protocol (UDP), File Transfer Protocol (FTP), Terminal Emulation Protocol (TELNET), dan lain-lain.
Internet Protocol (IP) adlah mekanisme transmisi yang digunakn oleh TCP/IP yang sifatnya unreliable dan  connectionless. Banyak yang mengistilahkan dengan best effort delivery, artinya bahwa IP menyediakan  no error checking atau tracking. Jika diperlukan reliabilitas maka IP mesti dipasangkan dengan protokol yang reliable misalya TCP.
b.      TCP (Transmission Control Protocol)
TCP merupakan protokol CO virtual-circuit yang setara dengan layer transport. Pengiriman data dilakukan byte demi byte secara asinkron dan stream (mengalir), sehingga pesan disampaikan dalam segmen-segmen (atau paket) berukuran tidak tetap, tidak fixed-size. Dalam pesan tersebut terdapat identifikasi unik pelayanan host berupa nomor (socket). Penerima juga akan memberikan nomor soket yang unik untuk dikembalikan kepada penerima. Diperoleh (srchost, srcport, dsthost, dstport) yang unik untuk sebuah komunikasi pada layer TCP. Komunikasi TCP/IP diperlihatkan pada gambar dibawah ini : 

Berbeda dengan InterNet Protokol (IP), TCP mempunyai prinsip kerja seperti "virtual circuit" pada jaringan telepon. TCP lebih mementingkan tata-cara dan keandalan dalam pengiriman data antara dua komputer dalam jaringan. TCP tidak perduli dengan apa-apa yang dikerjakan oleh IP, yang penting adalah hubungan komunikasi antara dua komputer berjalan dengan baik. Dalam hal ini, TCP mengatur bagaimana cara membuka hubungan komunikasi, jenis aplikasi apa yang akan dilakukan dalam komunikasi tersebut (misalnya mengirim e-mail, transfer file dan sebagainya.) Di samping itu, juga mendeteksi dan mengoreksi jika ada kesalahan data. TCP mengatur seluruh proses koneksi antara satu komputer dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan komputer. 
c.      SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
SMTP merupakan kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol. SMTP adalah suatu protokol aplikasi yang merupakan sistem pengiriman message/pesan atau e-mail. SMTP dapat mendukung 3 jenis pengiriman pesan:
1.      Pengiriman pesan saja kepada satu atau lebih pengguna
2.      Pengiriman pesan yang termasuk dalamya teks, suara, video, atau grafik.
3.      Pengiriman pesan ke pengguna-pengguna yang diluar jaringan / internet.
Untuk melakukan operasinya SMTP memanfaatkan layanan protokol TCP (lapisan 4) dengan menggunakan alamat port = 25
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) didefiniskan dan digunakan dalam internet intuk mengirmkan electronic mail (e-mail). Alamat pengirim atau penerima menggunakan standard internet termasik nama dan domain user.domain akan diaganti dengan ingormasi uang lain sebagai keterhubungan langsung yang telah dibentuk atu terdapat mesin pembalas dalam path. SMTP menggunakan Domain Name Server untuk semua alamat. Sekalipun e-mail digambarkan akan dapat sampai ketempat tujuan seketika itu juga, kenyataanya tidak sesederhana itu. E-mail internet tergantung juaga pada teknologi” store and forward”, yang  berari pesan-pesan akan ditahan dan disimpan  dalam satu komputer atau lebih sepanjang perjalanan surat tersebut dan deteruskan lagi pada selang waktu yang tetap atau pada saat lalu lintas jaringan memungkinkan. Perlu diketahui bahwa suatu jalur lurus jarang terjadi diantara dua buag komputer mana saja di internet. Mesikipun pesan dikirim dengan kecepatan cahaya dari satu titik ketitik yang lain,mungkin surat tersebut haarus melewati lusinan komputer,jaringan,router, geteway serta perpotongan rute internet lainya dan ada kemungkinan surat itu ditahan sementara pada suatu pengenhentian di sepanjang perjalanannya. Meskipun  deminkian e-mail ini memiliki keandalan yang cukup tinggi dan terhitung sangat cepat, sebab banyak pesan yang dapat mencapai tempat tujuan dalam hitungan menit, dan hanya sedikit diantaranya yang memakan waktu lebih dari beberapa jam.
d.       POP (Post Office Protocol)
POP (Post Office Protocol) dirancang untuk mengirmkan pesan mail dari server ke mesin klien. User yang mempunyai mail menyimpan dalam mail box pada server. User dalam hal ini adalah POP client mengakses pesan yang sisimpan menggunakan POP.menjawab atau membuat mail baru digerakan oleh client yang menyimpannya melalui SMTP. Mail dikirim dari client yang tidak memerlukan host yang lain untuk mengirimkan mail  atau mengirim mail langsung ke penerima jarak jauh.

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar