Sistem Monitoring VSAT

Monitoring adalah pengumpulan informasi secara terus menerus dan teratur yang akan membantu menjawab pertanyaan mengenai proyek atau kegiatan.Monitoring membantu mengingatkan ketika terjadi sesuatu yang salah dan membantu agar pekerjaan tetap pada jalurnya.Monitoring bertujuan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari sebuah proyek atau organisasi, dan didasarkan pada sasaran dan rencana kegiatan yang sudah ditentukan. Monitoring memungkinkan kita untuk untuk menentukan apakah sumber daya kita telah mencukupi dan telah digunakan dengan baik dan menjadi dasar yang berguna untuk evaluasi apakah kapasitas kita telah layak dan cukup, apakah kita telah benar-benar melakukan apa yang telah direncanakan.
Sumber:
Dalam hal ini monitoring VSAT berarti memantau keadaan VSAT secara rutin (24 jam) apakah VSAT dalam kondisi normal (UP) atau Down. Sistem monitoring yang di gunakan antara lain:
1.    Netwok Management System (NMS)
Sistem ini digunakan untuk memantau VSAT secara real time dan menunjukan event deskripsi permasalahan pada VSAT. Selain itu NMS ini juga di gunakan untuk mengupdate parameter VSAT sesuai permintaan client.
2.    WhatsUp Gold
Sistem monitotring menggunakan WhatsUp Gold berfungsu untuk memantau up time VSAT dan down time VSAT per hari,minggu dan bulan sesuai dengan parameter yang diatur.
3.    Cacti

Sistem monitoring ini di gunakan untuk memantau jumlah atau kapasitas pemakaian download dan upload perperiode atau kurun waktu tertentu dengan tampilan pada grafik.

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar