Internet Control Message Protocol (ICMP)


ICMP merupakan IP yang tidak didesain sebagai protokol yang handal. ICMP hanya bertugas untuk mengirimkan pesan-pesan khusus yang tidak memerlukan keamanan yang tinggi dan pengirimannya dalam bentuk data pada datagram IP. Pesan yang di bawa oleh ICMP antara lain :
  1. Destination Unreachable. Pesan ini menyediakan informasi ketika host, jaringan , port atau protokol tertentu tidak dapat dijangkau.
  2. Time Exceeded. Pesan ini memberitahu pengirim bahwa datagram tidak dapat dikirim karena Time To Live sudah habis.
  3. Parameter Problem. Pesan ini menunjukkan adanya masalah pada parameter dan letak oktet dimana kesalahan terjadi.
  4. Source Quench. Pesan ini dapat dikirimkan oleh router atau host tujuan yang terpaksa harus membuang datagram karena batasan yang ada pada ruang buffer.
  5. Redirect. Pesan ini dikirimkan ke host saat router menerima datagram yang dapat dirouting lebih cepat menggunakan gateway lain. Pesan ini memberi saran kepada host asal mengenai router yang lebih tepat untuk menerima datagram ini.
  6. Echo Request dan Echo Replay Message. Pesan ini saling mempertukarkan data timestamp (penanda waktu pengiriman pesan) antara host.
  7. Information request dan information replay. Pesan ini digunakanagar host dapat mengetahui keadaan jaringan terhubung.
ICMP Router Discovery Message (RFC 1256) adalah perluasan ICMP yang menambahkan kemampuan bagi host untuk menentukan rute ke gateway. Pemberitahuan router (router Advertisement) dikirim secara multicast setiap periode waktu tertentu memberitahukan alamat IP untuk interface ke jaringan. Host memperoleh informasi rute dengan mendengarkan, pemberitahuan ini. Saat sebuah host dihidupkan , host dapat memberikan Router Solication untuk meminta pemberitahuan dengan segera . Teknik ini memberikan informasi mengenai router yang tersedia tetapi tidak dapat memberikan informasi jalur yang terbaik.

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar