Saat ini belum diketemukan definisi pasti
dari e-commerce yang sudah
distandarkan dan di sepakati bersama, namun secara umum dapat di artikan
mengenai e-commerce, diantaranya
- E-comemerce merupakan suatu set dinamis teknologi,
aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan
komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang,
pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik ( David Baum,
1999)
- perdagangan
elektronik adalah suatu proses perdagangan (penjualan dan pembelian)
maupun jasa pelayanan yang dilakukan oleh 2 pihak melalui media elektronik
seperti melalui fax, telepon, email, dan internet.
- E-commerce juga dapat berarti pemasangan iklan,
penjualan, dukungan dan pelayanan terbaik menggunakan web selama 24 jam
dalam sehari bagi seluruh pelanggannya.
- E-commerce merupakan salah satu keunggulan dari
internet, kehadiran internet yang masih merupakan industri baru yang masih
dalam fase pertumbuhan yang memperkokoh keyakinan akan pentingnya peranan
teknologi dalam pencapaian tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi
dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan memanfaatkan e-commerce.
- kemampuan
internet untuk menjangkau pelanggan baru dan penghematan biaya yang cukup
signifikan untuk distribusi dan pelayanan pelanggan merupakan keuntungan
yang bisa didapatkan perusahaan dengan memindahkan roda nilai commerce ke
media internet.
Keuntungan yang bisa diambil
dengan adanya E-commerce :
- Revenue
Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak
bisa ditemui dalam transaksi tradisional.
- Dapat
meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- menurunkan
biaya operasional.
- melebarkan
jangkauan pemasaran produk.
- meningkatkan supplier manager.
- meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar