Apa yang Tersembunyi di Balik Kap Mesin Grand New Fortuner VNT?



Bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero Sport, SUV andalan Grand New Toyota Fortuner pun tak ketinggalan berbenah. Minor memang, sepintas hanya menambahkan huruf VNT di belakang. Tapi intinya adalah apa yang tersembunyi di balik ruang mesin. Kabarnya memang sudah berdesus sejak beberapa bulan lalu, hanya saja masih dalam tahap riset.

Variable-Nozzle Turbocharger alias VNT memang bukan barang baru. Terbilang Hilux yang pakai teknologi ini pertama kali. Masih mengandalkan jenis mesin sama, 2KD D-4D berkapasitas 2.500 cc.
Sekilas melihat modelnya, hampir tak ada perubahan di sisi desain Grand New Fortuner VNT. Sebagai pembeda, bagian kap mesin kini memiliki lubang airscoop. Sumber dari Toyota mengatakan, bahkan sampai interior dan bodi belakang tak ada perbedaan berarti dari versi sebelumnya. Mengintip spesifikasi di luar, perbedaan tenaga dari sebelumnya yang hanya punya 102 dk, dengan varian kali ini yang memiliki power 144 dk. Jelas bakal menarik minat diesel freak Tanah Air.

Prinsip kerjanya terbilang sama dengan turbo lain seperti VGT (Variable Geometry Turbo), dan pastinya bakal lebih maksimal dengan common-rail injection yang sudah beredar. Pada VNT, turbin turbo akan berubah menurut injakan pedal gas dan kecepatan kendaraan. Tujuannya, memaksimalkan aliran udara dengan bahan bakar yang masuk. Alhasil, turbo pun bakal bekerja dengan rentang putaran mesin yang lebih lebar. Tentu, semuanya diatur oleh komputer atau ECU. 





Sumber : mobil.otomotifnet.com
Posting Komentar