Konsep Dasar Sistem Informasi


Telah kita ketahui bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen didalam pengambilan keputusan. Sistem informasi merupakan suatu sistem yang tujuannya menghasilkan informasi. Sebagai suatu sistem , untuk dapat memahami sistem informasi, akan lebih baik jika konsep dari sistem itu sendiri dipahami terlebih dahulu.
Adapun pengertian sistem informasi adalah Suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur – prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian – kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.

Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti :
a.                   Perangkat keras (hardware) adalah : mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
b.                  Perangkat lunak (software) atau program adalah : sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
c.                   Prosedur adalah : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
d.                  Orang adalah : semua pihak yang betanggung jawab dalam pengembangan sistem  informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.
e.                   Basis data (database) adalah : sekumpulan table, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
f.                   Jaringan kompoter dan komunikasi data adalah : sistem  penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar