Salah satu pemakai yang paling banyak menggunakan
informasi dalam suatu organisasi adalah pihak manajemen. Informasi yang
dibutuhkan oleh manajer yaitu informasi penyejuk (comfort information), peringatan (warning),
indikator kunci (key indicator), informasi situasional (situational
informational) dan informasi
eksternal (external information)
1.
Informasi penyejuk adalah informasi keadaaan
sekarang yang merangkum keadaan umum bisnis atau organisasi. Misalnya, berisi
ringkasan penjualan atau produksi terakhir. Informasi ini biasanya tidak banyak
digunakan, tetapi membantu manajer merasa aman terhadap operasi yang telah
berlangsung.
2.
Peringatan berisi penunjuk terhadap sesuatu
yang tidak biasa atau barangkali memerlukan tindakan manajerial atau
perubahan-perubahan rencana. Idealnya, manajer seharusnya menerima
peringatan-peringatan sedini mungkin sehingga cukup waktu untuk melakukan
tindakan sebelum masalah penting yang tidak diharapkan terjadi.
3.
Indikator kunci berisi ukuran aspek-aspek
penting yang berkaitan dengan kinerja organisasi, seperti level keluhan
pelanggan, yang digunakan untuk memelihara pengendalian perusahaan dan
mengidentifikasi permasalahan.
4.
Informasi situasional adalah informasi
terkini tentang proyek, masalah, atau isu penting yang memerlukan perhatian
manajer.
5.
informasi eksternal adalah informasi yang
berasal dari luar departemen atau perusahaan. Kadangkala informasi ini masih
hangat dan berjangka pendek (misalnya adanya penandatanganan kontrak oleh
kompetitor), tetapi kadangkala berjangka panjang (misalnya studi lingkungan
yang dilakukan lima tahun terakhir).
Pemahaman
terhadap jenis-jenis informasi diatas sangat berguna dalam rangka penyediaan
informasi dalam sistem informasi formal. Mengingat bermacam-macam tipe
informasi yang diperlukan oleh para manjer, sistem informasi harus dapat
diakses secara efektif dan fleksibel., sebab keluaran sistem informasi dalam menyajikan informasi terkait dengan peran
para manajer yang terkadng menghadapi situasi yang tidak biasa. Dengan
demikian, kebutuhan terhadap informasi pada masa sekarang bisa jadi berbeda
dengan di masa mendatang. Kalau sistem informasi tidak bisa mengantisipasi
keadaan tersebut, akan terjadi keadaan yang membuat para manajer meninggalkan
sistem informasi dan beralih ke sumber informasi yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar