Diagram Arus Data (Data Flow Diagram)


Pada dasarnya pembuatan DFD ini didasarkan pada penetuan proses yang ada terhadap data yang tersedia. Jadi bentuk dari DFD ini lebih didasarkan pada gambaran proses secara umum dan tidak dijelaskan secara mendetail komponen atau atribut dari data.notasi yang digunakan adalah sebagai berikut :
DFD adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan dari mana asal data dan kemana tujuan data yang keluar dari sistem, dimana data disimpan, proses apa saja yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut.
DFD level 0 disebut juga diagram konteks yang mempresentasikan seluruh elemen sistem sebagai lingkaran tunggal dengan data input / ouput ditunjukan dengan anak panah yang masuk dan keluar secara berurutan.
DFD level 1 merupakan partisi dari level 0 untuk mengungkapkan secara detail fungsi-fungsi yang ada dalam DFD level 0 atau diagram konteks. Beberapa simbol yang digunakan dalam DFD yaitu antara lain :
a.             External Entity (Entitas Eksternal/kesatuan luar)
         Merupakan kesatuan lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan masukan atau menerima keluaran dari sistem. Dan dilambangkan dalam simbol kotak, dimana eksternal entity ini diidentifikasikan dengan nama entitasnya dengan cara menuliskan didalam kotak tersebut.
b.            Data Flow (Aliran Data)
         Arus data dilambangkan dengan tanda panah dan arus data ini mengalir diantara proses, simpanan data atau media penyimpanan dan kesatuan luar. Arus data ini menunjukan arus data yang berupa masukan untuk sistem dan keluaran hasil proses sistem.
c.             Process (Proses)
         Merupakan kegiatan yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil arus data yang masuk ke dalam proses untuk menghasilkan arus data yang keluar proses. Proses dilambangkan dengan ujung-ujung tumpul tergantung dari tipe chartnya, setiap proses memberikan nomor proses dan nama proses yang ditulis di dalam lingkaran atau segi empat tumpul.
d.            Data Store (Simpanan Data)
         Merupakan simpanan data yang berupa :
1.            File atau database di sistem komputer
2.            Arsip atau catatan manual
3.            Suatu kotak tempat data di meja seseorang.
4.            Suatu table acuan manual.
5.            Suatu agenda atau buku.
Ada beberapa peraturan penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah DFD sehingga dalam penggambarannya tidak terjadi kesalahan. Peraturan-peraturannya adalah sebagai berikut :
1.            Antar entity luar tidak diijinkan terjadi hubungan atau relasi.
2.            Tidak boleh ada aliran data antara entity luar dengan data strore.
3.            Untuk alasan kerapihan, entity luar atau data store boleh digambar beberapa kali dengan tanda khusus, misalnya diberi nomor.
4.            Suatu aliran data boleh mengalirkan beberapa struktur data.
5.            Bentuk anak panah aliran data boleh boleh bervariasi.
6.            Semua objek harus mempunyai nama.
7.            Aliran ata diawali dan diakhiri dengan proses.
8.            Semua aliran data harus mempunyai tanda panah.

Baca Juga Ya...!!!:

Posting Komentar