Kruk As Stroke Up, Tinggal Pasang


Dalam drag atau road race, ada bahasa yang dikenal dengan istilah naik stroke. Artinya menggeser dudukan big end ke luar agar langkah seher jadi lebih panjang. Naik stroke dilakukan untuk meningkatkan volume silinder. Supaya power mesin meningkat.

Namun banyak mekanik yang maunya tinggal pakai. Karena tidak perlu pusing untuk menanggung gagal akibat pemasangan yang kurang presisi atau bergetar bahkan melintir.

Kini ada kruk as khusus yang tinggal pasang. Seperti yang ditawarkan Utomo dari Tomo Speed Shop. Sudah menyiapkannya dari Thailand. “Kekuatan dan ketahanan sudah dicoba sendiri. Las-lasan Thiland lebih kuat,” jelas pria yang impor langsung kruk as itu.

Ternyata doi nyiapin beberapa paket kruk as yang sudah nempel setang piston dengan berbeda ukuran langkah. Ukuran yang tersedia adalah naik 3 mm, 7 mm, 12 mm, 13,5 mm, 14 mm dan yang paling extreme 16 mm.

Kruk as ukuran segitu memang untuk turun di kelas standaran. Jadi, meskipun naik stroke extreme namun tidak perlu menggunakan paking tebal.

Masalah harga doi ngasih kisi-kisi. Macam ujian saja. “Siapin aja budget buat nebus kruk as merek Tomeco, antara Rp 1,8 - 3 juta,” bisik pria yang pakai kacamata ini.





Sumber : motorplus.otomotifnet.com
Posting Komentar